Sabtu, 17 Oktober 2009

Mengenal bunglon

Mengapa bunglon dapat berubah warna?

Bunglon merupakan sejenis hewan reptil yang dapat mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna tempatnya berada.Perhatikan gambar di bawah ini!
Mengapa bisa demikian?


Tentu saja hal ini didukung oleh adanya fungsi dalam tubuh bunglon yang mendukung fungsi tersebut.

Bunglon memiliki sel-sel warna di bawah permukaan kulitnya yang transparan. Di bawah lapisan ini terdapat dua lapisan sel yang mengandung pigmen berwarna merah dan kuning (juga disebut chromatophores). Di bawahnya lagi ada lapisan sel yang merefleksikan warna biru dan putih. Lalu di bawahnya lagi ada lapisan melanin untuk warna coklat (seperti yang dimiliki manusia).
Video yang memperlihatkan dengan jelas perubahan warna pada bunglon:
Warna-warna dalam tubuh bunglon ini terjadi sesuai keadaan cahaya dan suhu di luar tubuhnya. Jika itu terjadi, faktor kimia di dalam tubuh bunglon segera bereaksi yang menyebabkan lapisan sel ini berkontraksi atau melebar.
Nah, kalau bunglon dalam kondisi tenang, biasanya warna yang tampak adalah warna hijau karena sel kuningnya tidak terlalu melebar sehingga masih bisa memantulkan sel biru dari bawahnya.
Sementara pada bunglon yang marah bisa saja warna yang nampak adalah kuning, karena selnya melebar semua sehingga tidak menampakkan refleksi warna biru.
Jadi, perubahan kulitnya terjadi sebagai respon atas suhu, cahaya dan juga mood atau emosinyanya. Emosi? Ya betul, kan bunglon juga binatang yang mempunyai emosi.

Untuk lebih jelasnya perhatikan tayangan video berikut ini.


5 komentar:

Anonim mengatakan...

terimaksih

S. Nainggolan mengatakan...

Wah, gak nyangka nih Lae blogger juga. Maju terus lae, tetaplah berkarya and Keep blogging.
Btw, kita ada komunitas blogger di pontianak namanya Borneo Blogger Community. Kalo sempat berkunjunglah ke blog saya. Salam!

Moris Samosir mengatakan...

Terima kasih lae atas kunjungannya. Beri masukanlah agar tamilannya lebih OK.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Ini Carissa Novella Angel 5B